aplikasi zoom

Zoom, Naik Pamor Saat Pandemic

technicheblog.com – Wabah virus Corona membuat setiap negara membuat aturan untuk menjaga jarak dan menghindari perkumpulan massa demi mengurangi penyebaran virus. Sehingga aktivitas di luar ruangan sudah sangat dibatasi. Sementara ada beberapa aktivitas yang tetap membutuhkan tatap muka. Namun demi menghindari terjangkit penyakit, dan tetap produktif sebagian orang menggunakan media tatap muka online. Dan Zoom menjadi salah satu penyedia video conference  yang banyak digunakan di masa pandemic ini.

Sebenarnya apa itu Zoom? Dan mengapa ia mudah sekali popular di masa pandemi ini? Mari kita mengenal lebih dalam tentang Zoom. 

Aplikasi video conference  Zoom dirintis oleh Eric Yuan pada tahun 2011 ketika ia baru tiba di Amerika Serikat dari Cina. Sebelumnya ia bekerja di WebEx sebelum diakuisisi oleh Cisco pada tahun 2007 dan menjadi Wakil Presiden di Cisco sebelum akhirnya keluar dari perusahaan besar tersebut dan mulai membuat aplikasi Zoom. 

aplikasi zoom

Ide untuk membuat aplikasi Zoom diawali ketika ia dan istrinya belajar di universitas yang berbeda dan berusaha mencari cara untuk bisa tetap terhubung satu sama lain. Sehingga lahirlah Zoom dengan berbagai fitur yang didesain dan tidak dimiliki oleh penyedia layanan video conference  lainnya.

Pada tahun 2020, tepat ketika virus Corona mulai mewabah dan menjadi pandemi, market popularitas Zoom meningkat dan mendorong Eric Yuan menjadi salah satu orang terkaya yang menempati peringkat ke-293 di dunia dengan nilai kekayaan mencapai 5,5 miliar dolar. Sebuah berkah di masa pandemi bagi seorang Eric Yuan.

Mengenal Aplikasi Zoom

Zoom adalah sebuah aplikasi penyedia video conference  yang berbasis cloud computing. Aplikasi ini memungkinkan Anda bisa melakukan meeting virtual dengan user mencapai ribuan orang, baik dengan panggilan video, suara atau keduanya. Dan meeting ini bisa direkam untuk kemudian diedit dan diunggah ke media lainnya.

Aplikasi Zoom cukup stabil sehingga tidak mengganggu jalannya meeting yang diselenggarakan. Untuk user terbatas maksimal 100 orang dan penggunaan waktu tidak lebih dari 40 menit, Zoom memberi paket gratis. Namun jika Anda butuh kebebasan dalam menentukan jumlah user dan waktu untuk meeting, Anda bisa menggunakan paket premium dengan harga paket dan fitur yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan meeting perusahaan Anda.

Fitur-fitur utama yang menjadi andalan Zoom:

  • Meeting One on One

Bagi Anda yang ingin mengadakan one on one meeting, Zoom mempersilahkan host untuk membuat pertemuan tersebut tanpa batas bahkan jika Anda menggunakan versi paket gratis. Anda dapat mengatur user yang yang ingin Anda ajak bergabung dengan adanya password di setiap meeting tersebut. 

  • Conference Meeting (Big Group)

Gunakan paket gratis jika Anda hanya akan mengundang maksimal 100 user dan hanya butuh bicara 40 menit.

zoom conference meeting

Namun jika lebih, sebaiknya Anda mendaftar di paket premium dengan pilihan paket hingga 1000 user dan fitur tambahan yang tidak ada di paket gratis.

Baca Juga : Tips Memilih Jasa Pembuatan Vector Terbaik Begini Caranya

 

  • Sharing Screen and Chat

 

Meskipun ini adalah layanan video conference , namun Anda dan user dalam meeting dapat menggunakan fitur chat untuk bertanya atau sekedar menyapa user lainnya. Anda juga bisa menggunakan fitur sharing screen yang sebagai media untuk menyampaikan materi meeting. Juga jika ada penanya atau ada beberapa pembicara, bisa ditampilkan wajahnya secara bergantian.

  • Fitur Rekaman Video Call

Dengan akses yang stabil, Zoom juga menyediakan fitur rekaman selama meeting berlangsung. Dengan demikian, jika ada user meeting yang harus meninggalkan room lebih awal atau terlambat masuk, masih bisa menyimak keseluruhan materi dari rekaman yang direkam oleh host. Dan rekaman ini bisa dihubungkan ke Youtube sehingga bisa disimak di lain waktu.

Dengan segala kelebihan yang dimiliki, dan kesempatan yang luar biasa yang didapat oleh Zoom saat ini, ada kelemahan yang sangat fatal yang perlu perbaikan segera yaitu masalah security. Zoom tidak siap untuk mengantisipasi lonjakan user yang mencapai 2,22 juta di bulan Maret 2020 jika dibandingkan di tahun 2019 yang hanya berjumlah 1,99 juta sehingga isu krusial yang ada di dalam Zoom baru terlihat. 

fitur video record aplikasi zoom

Isu yang dimaksud adalah adanya aturan end to end encryption yang ternyata tidak 100% dilakukan sehingga terjadi di sebuah meeting pejabat, ada user yang memasukkan potongan video tidak senonoh di tampilan layar yang disaksikan oleh seluruh user meeting tersebut. 

Dengan tidak end to end encryption 100%, ada kemungkinan server aplikasi bisa mengintip pesan, file, video dari usernya karena kunci enkripsi disimpan di server yang rawan dibobol  yang seharusnya ada di user.  Sehingga secara teknis Zoom mempunyai akses untuk membuka dan mengintip isi komunikasi antar user. Dan isu-isu lain seperti war driving dan penggabungan domain email yang tidak saling mengenal secara otomatis juga perlu diwaspadai dari aplikasi ini. Hal yang sama yang pernah terjadi pada produk Microsoft namun sejalan dengan waktu, tingkat security Microsoft menjadi lebih baik. 

Di bawah ini ada beberapa tips untuk menghindari kebocoran pada Zoom:

  1. Tidak mempublikasikan link meeting kepada publik di media sosial
  2. Mengaktifkan password untuk setiap user yang ingin bergabung dalam meeting
  3. Administrator harus aktif memantau jalannya meeting dan segera menonaktifkan user jika merasa ada hal yang mencurigakan.
  4. Tidak sembarang mengklik link yang diberikan melalui Zoom karena rentan dengan malware dan administrator juga harus memantau jika ada  user yang mengirimkan link yang mencurigakan

Pada akhirnya penggunaan teknologi bergantung pada kecerdasan usernya. Sehingga kita tetap harus berhati-hati dalam menggunakan aplikasi-aplikasi yang ada dan banyak mencari informasi terkait aplikasi tersebut.