Uji Prosesor Smartphone Mediatek vs Snapdragon, Bagus Mana?

technicheblog.com – Bingung pilih smartphone dengan prosesor Mediatek atau Snapdragon saat beli hp baru? Pertimbangan beli hp baru bisa dari banyak sisi seperti perusahaan pengembangnya, tipe, kapasitas memori hingga masalah prosesor smartphone yang tidak kalah krusial. Performa smartphone bisa berjalan mulus jika memiliki prosesor bagus. Harga juga memiliki peranan dalam pilihan hp baru karena prosesor yang bagus bisa menaikkan harga jual pasarannya. Nah, jika dibandingkan antara Snapdragon vs Mediatek, prosesor smartphone manakah yang performanya paling bagus? Bingung kan?

Menentukan performa antara prosesor Mediatek vs Snapdragon bisa saja dilakukan setiap orang ketika membeli hp baru. Namun sebaiknya ketahui dahulu dua merek prosesor smartphone ini dengan baik agar tidak salah pilih. Mulai dari Huawei, Kirin, Samsung juga diketahui paling banyak memakai dua merk prosesor tersebut. 

Mengenal Prosesor Smartphone Mediatek 

Mediatek tergolong prosesor baru jika dibandingkan dengan Snapdragon, yang mana Mediatek ini telah berdiri sejak tahun 1997 dan berasal dari Taiwan. Namun, pesatnya perkembangan secara global tidak bisa disangkal lagi meskipun prosesor mediatek masih tergolong baru. Jika Mediatek dihadapkan dengan Snapdragon maka bisa perbedaan mencolok yang terlihat dari keduanya adalah harga jual.

prosesor mediatek untuk smartphone

Dibandingkan Snapdragon, tentu lebih murah harga jual prosesor Mediatek ini. Karena harga jual prosesornya sendiri murah maka kebanyakan smartphone yang beredar di pasaran juga tergolong murah alias dijual harga miring.

Jadi, Prosesor Mediatek Memiliki Keunggulan Apa?

Produsen chipset hp atau prosesor di dunia cukup inovatif dan produsen yang termasuk adalah Mediatek. Untuk pertama kalinya di dunia prosesor True Octa Core telah diluncurkan oleh Mediatek dalam prosesor seri MT6592. 

Kelebihan dari seri prosesor ini adalah kecepatannya mencapai 2.0 GHz yang mana berasal dari 8 core ARM Cortex A7 yang dipunyai prosesor ini. Kemampuan inilah yang membedakan antara True Octa Core milik Mediatek dengan dua buah prosesor quad core yang dimiliki oleh prosesor octa core pada umumnya. 

Selain keunggulan tersebut, masih ada keunggulan lain produsen ini yaitu sebagai produsen pertama di dunia yang menciptakan prosesor deca core. Jika umumnya hanya ada 8 core dalam prosesor maka berbeda dengan inovasi terbaru dari Mediatek dari produsen lainnya. Smartphone Redmi Note 4 telah menggunakan prosesor 10 core tipe Helio X2.

Baca Juga : Mengenal Teknologi Perbankan dalam Menjaga Keamanan Data

Mengenal Prosesor Smartphone Snapdragon

Jika Mediatek berasal dari Taiwan maka prosesor Snapdragon berasal dari negara Amerika Serikat yaitu San Diego. Snapdragon lebih senior dari Mediatek karena telah berdiri sejak tahun 1985 dan menjadi produk unggulan Qualcomm. Teknologi Snapdragon lebih kekinian dan paling banyak dipakai dunia dibanding prosesor merk Mediatek. Snapdragon memiliki daya lebih efisien dengan rata-rata performa lebih cepat karena kecanggihan teknologinya. 

prosesor snapdragon untuk smartphone

Perbandingan harga antara Snapdragon vs Mediatek adalah harganya yang relatif lebih mahal. Dibanding prosesor Mediatek, harga prosesor Snapdragon bisa lebih mahal dua kali lipat meski memiliki spesifikasi yang sama. 

Prosesor Snapdragon Memiliki Keunggulan Apa Sehingga Mahal?

Mahalnya harga prosesor keluaran Snapdragon mungkin membuat sebagian besar orang bertanya-tanya tentang apa keunggulan dari prosesor itu sendiri. Jawabannya ada pada bagian performa prosesor Snapdragon yang bekerja lebih baik dari Mediatek. Hal tersebut sudah tidak bisa disangkal dan itulah penyebab mahalnya harga prosesor Snapdragon di pasaran. 

Snapdragon juga mendukung komponen lain seperti ISP dan GPU sehingga bukan masalah core CPU saja yang diciptakan kencang dan banyak.  Canggihnya dukungan GPU membuat prosesor Snapdragon menampilkan kualitas grafis lebih baik. 

Karena menggunakan teknologi ISP terbaru yang mana selalu mengalami peningkatan, maka smartphone dengan prosesor Snapdragon memiliki hasil foto lebih baik dibanding Mediatek. Mahalnya prosesor ini memang berasal dari seringnya peningkatan dilakukan oleh produsen sehingga performa Snapdragon lebih baik dari Mediatek. 

Mediatek vs Snapdragon, Berikut Perbedaanya

Jadi, Mediatek vs Snapdragon? Prosesor smartphone manakah yang lebih baik. Ada dua faktor yang menjadi pembeda paling mencolok kedua produsen prosesor ini yaitu harga dan performa. Jika memiliki budget terbatas, Anda bisa mencari smartphone yang memakai prosesor Mediatek. 

mediatek vs snapdragon

Namun, jika Anda lebih mengutamakan performa maka perlu merogoh tabungan lebih dalam karena smartphone prosesor Snapdragon adalah pilihan terbaiknya. Berikut perbedaan Mediatek vs Snapdragon pada hp yang bisa dikenali mudah.

  • Besarnya perbedaan performa dan grafis prosesor. 
  • Mediatek memiliki variasi produk lebih sedikit dibanding Snapdragon.
  • Jika Mediatek hanya menyasar kelas menengah ke bawah maka berbeda dengan fokus Snapdragon yang bisa menyasar banyak segmen.

Kesimpulannya Antara Mediatek vs Snapdragon, Mana yang Baik?

Jika dilihat dari segi performa memang Snapdragon lebih baik, namun jika dilihat dari segi harga maka Mediatek lebih unggul karena ramah di kantong. Jadi, semua tergantung pilihan penggunaannya, apakah lebih condong mengutamakan masalah kecepatan kerja smartphone atau memilih smartphone dengan spesifikasi sama dengan harga lebih murah. Antara Mediatek vs Snapdragon di hp kelas menengah, keduanya sama-sama baik. Jadi, tidak perlu bingung lagi membeli hp baru dengan prosesor Mediatek atau Snapdragon, sebab keduanya sama-sama bagus.