Tips Mengatasi HP Panas Saat Main Game

bermain mobile gaming

Bagi penggemar game mobile, mungkin Anda sering mengalami masalah seperti HP yang memanas ketika sedang asik bermain. Pada dasarnya, perangkat yang mulai memanas saat bermain game merupakan hal yang wajar terjadi. Akan tetapi, yang perlu diwaspadai oleh pengguna smartphone sekalian yaitu ketika panas HP dalam waktu singkat naik secara signifikan. 

Selain panas, performa HP tersebut juga menjadi lemot ketika digunakan. Lalu, apa solusi yang dapat mengatasi HP yang berubah menjadi panas saat main game mobile? Berikut ini kami bagikan kepada Anda tips mengatasi persoalan tersebut yang dijamin ampuh untuk diterapkan saat bermain game. 

HP Tidak Panas Saat Main Game? Begini Caranya

handphone overheat

1. Menutup Aplikasi Multitasking

Jangan menjalankan banyak aplikasi sekaligus apabila RAM HP Anda berukuran kecil, sebab untuk menjalankan hal tersebut perangkat harus bekerja lebih keras. Beda cerita jika HP yang Anda pakai untuk kegiatan gaming memiliki RAM besar yang multitasking atau dapat menjalankan beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan. 

Supaya saat bermain game panas dari HP tidak meningkat secara signifikan, pastikan menghapus semua riwayat aplikasi yang berjalan menggunakan tombol recent apps. Anda juga bisa mengikut langkah kecil berikut untuk membantu mencegah hp panas saat bermain game:

  • Buka menu “Settings”
  • Pilih “Application Manager”
  • Buka Menu “Running” untuk menghentikan beberapa aplikasi yang sedang berjalan. 

2. Mengurangi Brightness atau Tingkat Kecerahan Layar

Ternyata salah satu faktor yang dapat mempengaruhi performa sistem smartphone ketika menjalankan aplikasi game adalah brightness atau tingkat kecerahan layar. Baik itu game yang dimainkan secara online maupun offline, tingkat kecerahan layar pada posisi maksimal dapat membuat daya baterai HP yang digunakan menjadi lebih cepat berkurang. 

Tingkat kecerahan layar yang berada pada level tertinggi juga dapat menambah beban atau mempengaruhi kinerja smartphone. Maka dari itu, disarankan kepada pecinta game saat bermain tetap menggunakan mode pencerahan layar otomatis. Fitur ini akan bekerja sendirinya, sehingga pada saat di ruang terang maupun ruangan gelap, Anda tetap mendapat tingkat kecerahan layar yang sesuai. 

3. Memeriksa sambungan Bluetooth, GPS dan Wifi

Untuk menunjang berbagai kebutuhan, smartphone Anda memang dilengkapi beberapa fitur penting seperti Bluetooth, GPS, dan Wifi. Namun jika tidak sedang digunakan, ketiga fitur tersebut bisa dimatikan. Meskipun memiliki peranan penting, ketiga sambungan ini ternyata juga berpotensi menjadi penyebab HP cepat panas di tengah-tengah permainan, dan inilah yang jarang disadari kebanyakan orang. Jadi, jika ingin smartphone bekerja dengan optimal, sebelum membuka aplikasi game mobile pastikan sudah memeriksa sambungan Bluetooth, GPS, dan Wifi lalu mematikannya apabila tidak digunakan. Kegiatan ini akan sangat membantu Anda yang senang berselancar di dunia game. 

4. Menggunakan Gamepad Cooler

Atasi HP panas saat bermain game dengan menggunakan gamepad cooler. Gamepad cooler memang sengaja dirancang untuk para pecinta game yang tidak ingin mengalami masalah seperti performa hp menurun karena suhunya yang berubah. Perangkat ini dapat dibeli secara terpisah dengan harga cukup terjangkau di toko online. 

Meskipun alat ini membantu menstabilkan suhu HP, disisi lain juga cepat menguras baterai perangkat karena mengambil dayanya untuk menjalankan kipas. Sebagai solusinya, langsung saja colokkan perangkat ini ke sumber listrik menggunakan charger atau bisa juga menggunakan powerbank. 

5. Menyesuaikan Spesifikasi Game dengan Perangkat HP

Jangan paksa HP Anda menjalankan aplikasi game-game berat yang kapasitasnya jauh di atas spesifikasi yang dimiliki. Aplikasi sistem yang berjalan saja sudah menjadi beban besar bagi kinerja HP, apalagi jika ditambah dengan membuka game berkapasitas besar. Tentu bukan hanya cepat panas, HP Anda juga akan lebih lemot karena performanya menurun. Maka dari itu, sebelum memainkan game tersebut, Anda perlu memperhatikan kebutuhan spesifikasi perangkat yang digunakan. Sebagai solusinya, para pecinta game dapat mengupgrade spesifikasi HP menjadi lebih tinggi atau memainkan game-game ringan saja. 

6. Melepas Casing HP

Pada saat bermain game mobile, sebaiknya lepas saja aksesoris hp seperti casing. Meskipun casing berfungsi melindungi body hp dari kerusakan fisik, di sisi lain casing juga menjadi faktor luar yang bisa memperburuk kondisi HP. Panas yang muncul ketika bermain game tidak jadi terlepas dan malah terserap, inilah hal yang harus Anda ketahui. Dan lebih buruknya lagi, HP bisa overheat apabila panas tersebut tidak terbuang dengan baik. Jadi, jangan lupa melepas casing terlebih dahulu sebelum bermain. 

7. Mengecilkan Volume Media, Panggilan dan Sebagainya

Satu lagi faktor internal yang dapat menambah panas HP secara signifikan adalah volume, baik itu volume media, panggilan, notifikasi dan sistem. HP yang dipakai main game menjadi lebih cepat panas apabila volume berada di level tertinggi. Tentu ini juga menambah beban lebih berat pada kinerja HP yang Anda gunakan. Jadi, jangan terlalu besar menyetel volume HP Anda, apabila perlu matikan saja suara game untuk menghindari panas berlebihan.

Nah, itulah tips mengatasi HP panas saat main game. Dengan melakukan tips ini, dijamin performa atau kinerja HP tetap lancar dan tidak ada masalah seperti overheat lagi. Selamat mencoba.