belajar di rumah tvri

Program Belajar Dari Rumah Via TVRI Online

technicheblog.com – Wabah Corona juga berdampak pada siswa sekolah yang mengharuskan mereka belajar dari rumah (School From Home/SFH) seperti halnya orangtua mereka yang bekerja dari rumah (Work From Home/WFH). Hal ini dilakukan sebagai antisipasi untuk mencegah penyebaran virus kepada siswa sekolah. Alternatif pembelajaran dilakukan secara online dengan menggunakan media online baik Whatsapp, internet learning hingga streaming program belajar TVRI Online.

belajar dari rumah tvri online

Program terakhir adalah terobosan dari Kementerian Pendidikan untuk membantu siswa yang memiliki keterbatasan sarana belajar online. Beberapa alasan diadakannya program ini yaitu:

  1. Siswa dan Orangtua Tidak Memiliki Smartphone yang Sesuai.

Kita tidak bisa menutup mata, bahwa pembelajaran online di daerah tantangan utamanya adalah tidak adanya smartphone yang memadai untuk mengakses materi belajar. Jikapun ada, kapabilitasnya kurang baik dalam hal mendownload atau mengupload tugas yang diberikan guru.

  1. Keterbatasan Kuota. 

Karena pembelajaran bisa berlangsung dari pagi hingga siang seperti jadwal sekolah pada umumnya, maka dibutuhkan kuota yang cukup besar. Belum  lagi jika dalam satu rumah ada 2 atau 3 anak yang belajar dari rumah. Tentu dibutuhkan kuota yang lebih banyak lagi.

  1. Sinyal yang Tidak Stabil. 

Masyarakat di kota besar sangat dimanjakan dengan kemudahan akses internet dan tersedianya beberapa provider simcard yang bisa dipilih. Namun, jika kita beranjak sedikit ke pinggir kota, tidak jarang sinyal mulai melemah dan hanya provider tertentu yang masih bisa ditangkap sinyalnya oleh smartphone. Lalu bagaimana dengan masyarakat yang berada di pelosok desa? Menyulitkan bukan?

Program belajar dari rumah yang digagas oleh TVRI mulai tayang pada tanggal 13 April 2020 dan bisa diakses via layanan televisi analog seperti biasa maupun melalui online.

  1. Versi Online,

Gunakan aplikasi TVRI Klik yang tersedia di ponsel Android maupun IOS.

aplikasi klik tvri

Caranya dengan men-download aplikasi di Playstore (Android) atau di Appstore (IOS) hingga selesai.

  1. Via Streaming,

Jika menggunakan laptop, program ini bisa disaksikan via streaming dengan link https://tvri.go.id/live.

  1. Via Aplikasi/Web Vidio,

TVRI juga bekerjasama dengan aplikasi Vidio untuk bisa menayangkan program belajar TVRI melalui aplikasi Vidio yang bisa diunduh via Playstore atau Appstore. Jika melalui web Vidio, Anda bisa mengklik link https://www.vidio.com/live/6441-tvri-tv-stream

  1. Via USee TV

Jika Anda adalah pelanggan Indihome Telkom, Anda dapat menyaksikan program belajar TVRI di salah satu channel fasilitasnya yaitu USee TV. Jika tidak, Anda bisa menggunakan link streaming USee TV berikut ini: https://www.useetv.com/livetv/tvri

Silahkan pilih channel yang bisa diakses keluarga Anda untuk program belajar gratis ini. Sesuaikan dengan jadwal dan tingkat sekolah anak Anda.

Baca Juga : Zoom, Naik Pamor Saat Pandemic

Berikut adalah jadwal penayangan materi program belajar TVRI:

  • Senin – Jumat
  1. PAUD dan sederajat,  pukul 08.00 – 08.30 WIB
  2. SD kelas 1 -3 dan sederajat, pukul 08.30 – 09.00 WIB
  3. SD kelas 4 – 6 dan sederajat, pukul 10.00 – 10.30 WIB
  4. SMP dan sederajat, pukul 10.30 – 11.00 WIB
  5. SMA/SMK dan sederajat, pukul 14.00 – 14.30 WIB
  6. Materi Pengasuhan dan Pendidikan Anak, pukul 14.30 – 15.00 WIB
  7. Film Indonesia Terbaik, pukul 19.00 – 23.30 WIB
  • Sabtu – Minggu

Di hari Sabtu dan Minggu, program belajar TVRI hanya menyiarkan tema Kebudayaan dan Film Indonesia Terbaik.

Program belajar ini sudah disiapkan untuk 90 hari ke depan guna mengantisipasi periode belajar dari rumah. Kementerian Pendidikan dan TVRI meminta masyarakat untuk aktif memberikan saran dan kritik guna meningkatkan kualitas materi pembelajaran. Dan mungkin saja penayangan program belajar ini akan diperpanjang seandainya pemerintah daerah memperpanjang aturan belajar dari rumah.

belajar di rumah tvri

Dengan jadwal yang telah disusun sesuai kebutuhan siswa didik dan materi tiap tingkatnya, program belajar dari rumah ini mempunyai beberapa manfaat yaitu:

  1. Materi belajar yang ditayangkan oleh TVRI melingkupi semua tingkatan sekolah yaitu mulai dari PAUD, pendidikan dasar dan menengah, hingga materi untuk guru dan orangtua. Sehingga setiap personal yang terlibat dalam pendidikan mendapatkan materi yang dibutuhkan.
  2. TVRI menyediakan tontonan yang interaktif dan berkualitas untuk siswa yang mendorong siswa untuk tetap aktif.
  3. Membantu orangtua memberikan kegiatan yang bermanfaat dan juga dapat menambah ilmu pengasuhan bagi orangtua guna mendampingi dan mendidik anak-anaknya.
  4. Dengan kondisi belajar jarak jauh yang membuat guru harus menyiapkan materi setiap harinya dan mengecek siswanya satu persatu, materi dari TVRI ini sangat membantu para guru. Sehingga para guru mempunyai tambahan waktu untuk menyiapkan materi lainnya.
  5. Selain materi pelajaran, TVRI juga menayangkan materi tentang kebudayaan Indonesia dan film-film Indonesia terbaik guna menambah wawasan keindonesiaan siswa dan keluarga serta menanamkan rasa cinta tanah air.

Dengan pola belajar di rumah, maka peran orang tua menjadi dominan dalam keberhasilan pelajaran anak-anaknya. Guru hanya sebatas menyediakan materi dan mengingatkan agar tujuan program belajar yang telah disusun tercapai. Orang tua diharapkan berperan aktif memantau jadwal belajar dan mendampingi putra-putrinya dalam setiap tugas yang diberikan di sela-sela waktu mereka bekerja di rumah.