Perbandingan teknologi 5G dan 4G

Teknologi 5G yang baru saja hadir merupakan sebuah peningkatan dalam kecepatan, jangkauan, dan kemampuan mutakhir, dan merupakan jaringan seluler terbaru yang akan menggantikan teknologi 4G yang ada sekarang ini. Hal wajib perlunya mengupgrade jaringan adalah untuk mengakomodasi semakin banyak perangkat yang nantinya  membutuhkan akses internet, yang banyak di antaranya perangkat tersebut membutuhkan banyak bandwidth untuk bekerja dengan baik, yang tidak bisa lagi mengandalkan teknologi 4G saat ini.

Teknologi 5G saat ini memiliki perbedaan jenis pemancar, dan juga menggunakan satu frekuensi radio yang lain dibanding dengan 4G. Karena 5G akan menghubungkan semakin banyak perangkat ke internet dengan semakin berkurangnya latensi sehingga akan mendatangkan kecepatan ultra-cepat.

Perbedaan Cara Kerja 5G dan 4G

Teknologi 4G beroperasi pada frekuensi di bawah 6 GHz, sangat berbeda dengan teknologi 5G terbaru yang memanfaatkan frekuensi 30 GHz sampai dengan 300 GHz yang dibilang cukup tinggi.

Ada banyak hal penting mengapa rentang frekuensi tinggi ini bekerja lebih baik, salah satu hal terpenting yaitu karena frekuensi tinggi memungkinkan untuk dapat mengakses data cepat dengan bandwidth besar. Selain dapat menghilangkan ketidakjelasan mengenai data seluler, tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kebutuhan bandwidth di masa mendatang, dan mampu bekerja secara optimal walaupun terdapat sinyal nirkabel yang lain.

Berbeda dengan pemancar 4G yang bekerja untuk mendapatkan sinyal dan menyebarkan kembali sinyal segala arah, hal ini mempunyai satu kekurangan, yaitu membuang-buang sinyal ke arah yang tidak perlu. Berbeda dengan pemancar 5G yang bekerja memancarkan sinyal yang lebih terarah, sehingga dirasa lebih efisien.

Teknologi 5G juga memanfaatkan panjang gelombang sinyal yang pendek dibanding dengan teknologi 4G, hal ini membuat pemancar 5G bisa lebih kecil akan tetapi tetap memancarkan sinyal lebih terarah. 

Hal lain yang membedakan cara kerja teknologi 5G dan 4G yaitu teknologi 5G mampu lebih gampang mengerti jenis data yang diakses, dan juga mampu bekerja di fitur hemat saat tidak digunakan atau memberikan tarif yang lebih rendah ke device tertentu, dan akan kembali lagi menggunakan fitur tinggi saat digunakan untuk mengakses data yang besar seperti streaming video berkualitas tinggi.

Perbedaan Kecepatan 5G dan 4G

perbedaan teknologi 5g

Hal yang sangat menakjubkan tentang perbedaan antara teknologi 4G dan 5G tentunya pada kecepatan dalam mengakses internet. Dalam performa yang maksimal, teknologi 5G bekerja 20 kali lebih cepat dibandingkan teknologi 4G yang sudah ada saat ini. Artinya, Anda bisa memanfaatkan teknologi 5G untuk mengakses data dengan bandwith besar namun jauh lebih cepat dengan teknologi yang ada sekarang. Kecepatan minimal teknologi 5G adalah 20 Gigabyte per second, sangat jauh jika dibandingkan dengan  4G yang mempunyai kecepatan 1 Gigabyte per second. 

Ada cukup banyak faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet, namun teknologi 4G yang ada sekarang biasanya menunjukkan kecepatan unduh rata-rata kurang dari 10 Mbps, dan untuk teknologi 5G minimal bisa bekerja sepuluh kali lebih cepat daripada 4G dalam uji coba sebenarnya.

Perbedaan Kemampuan 5G dan 4G

Mempertimbangkan perbedaan paling terlihat antara teknologi 5G dan 4G yaitu kemampuan teknologi 5G dapat mengoptimalkan masa depan device seluler dan teknologi komunikasi.  Apabila suatu saat teknologi 5G sudah dapat digunakan sebagai jaringan yang bisa kita aplikasikan pada jaringan rumah, maka Anda mampu menyambungkan lebih banyak perangkat yang ada di rumah Anda  ke Internet secara bersamaan tanpa perlu mengkhawatirkan bandwidth. 

Beberapa sambungan Internet di rumah saat ini mungkin tidak bekerja optimal sehingga menjadi cukup lambat, dan tidak mampu menggunakan semua teknologi terbaru yang ada saat ini. Menggunakan jaringan 5G mampu menghubungkan smartphone, Laptop, AC, Kamera CCTV dan berbagai perangkat canggih yang ada di rumah Anda ke internet secara bersamaan dan dapat Anda kelola dengan mudah. 

Jika 4G tidak dapat memberikan semua data yang diperlukan oleh banyak device secara bersamaan, maka teknologi 5G mampu memberikan frekuensi yang lebih kompleks untuk teknologi yang lebih baik.

Sayangnya Anda belum bisa memakai teknologi 5G untuk saat ini, hal ini dikarenakan beberapa provider masih berada dalam tahap uji coba. Artinya, meskipun Anda memiliki ponsel dengan teknologi 5G, untuk saat ini belum bisa merasakan teknologi terbaru ini karena memang beberapa negara belum tersedia.

Tidak setiap provider atau negara sudah siap meluncurkan teknologi 5G. Namun beberapa negara juga sudah mulai menyiapkan jaringan 5G mulai akhir tahun 2020 dan beberapa provider juga juga mengoperasikan jaringan 5G di wilayah yang masih terbatas.