Mengenal Teknologi Retina Display pada Macbook dan Faktanya 

technicheblog.com – Beberapa waktu lalu publik mulai menyorot teknologi Retina Display Macbook yang diperkenalkan oleh perusahaan Apple. Teknologi tersebut merupakan terobosan baru yang dikembangkan Apple terhadap layar Macbook terbarunya. Dimana tampilan visual grafis dan warna yang sudah disesuaikan dengan retina mata telah menjadi keunggulannya. 

Dengan teknologi Retina Display, pengguna bisa melihat tampilan layar Macbook Apple yang hidup dan lebih jernih. Pengguna juga bisa lebih nyaman menggunakan perangkat tersebut dalam waktu lama. Supaya Anda dapat mengenal teknologi layar tersebut lebih dalam, baca fakta-fakta Retina Display berikut ini.

Teknologi Retina Display pada Macbook dan Seputar Faktanya

Apple sudah mengenalkan teknologi Retina Display pada produk Macbooknya sejak tahun 2018 silam. Ya, produk Apple ini sudah sekitar dua tahun menjadi sorotan publik karena fitur-fitur canggih yang dimilikinya. Demi kenyamanan pengguna, layar Macbook terbaru telah dirancang khusus dengan penyesuaian terhadap retina mata manusia. 

Untuk menjelaskan secara lengkap kepada Anda terkait teknologi Macbook Air Retina Display, jangan lewatkan detail-detail berikut. 

1. Teknologi Retina Display Memiliki Kualitas Tinggi

Kualitas dari Macbook Retina Display keluaran perusahaan Apple tidak bisa diragukan. Semenjak awal diluncurkan hingga sekarang, kualitas layarnya bisa dibilang sempurna. Bahkan teknologi perangkat ini mampu mengalahkan HDTV.  Resolusinya yang tinggi telah membuatnya lebih unggul dari perangkat yang belum mensupport Retina Display.

Fakta tersebut pernah diklaim sendiri oleh perusahaan Apple. Yang mana disebutkan bahwa orang awam sekalipun dapat dengan mudah membedakan antara perangkat yang memiliki resolusi layar tinggi dengan yang tidak. Tentunya hal tersebut tidak terlepas dari peran kerapatan pixel yang dimiliki perangkat tersebut. Sehingga, mampu baginya untuk menampilkan kualitas gambar tinggi dalam satu waktu. 

retina display

Bila ingin melakukan perbandingan, Anda bisa membandingkan Macbook Air Retina Display dengan New iPad rilisan tahun 2013. Produk iPad yang dirilis kala itu diketahui memiliki teknologi layar dengan resolusi cukup tinggi, yaitu sekitar 2048 x 1536 piksel. New iPad juga memiliki kerapatan layar sebesar 246 piksel dalam 1 x 1 incinya. 

Visual tampilan yang dimunculkan oleh layar perangkat juga menjadi lebih tajam berkat kerapatannya. Nah, bagaimana dengan teknologi Retina Display pada Macbook Air? Tentunya kualitas gambar semakin bagus, jernih dan lebih tajam dari tampilan HDTV.

Baca Juga : Daftar Negara dengan Koneksi Internet Tercepat di Dunia

2. Awal Mula Diperkenalkan pada Produk New iPad Mini

Teknologi Retina Display sebenarnya sudah pernah diterapkan perusahaan Apple pada perangkat iPhone 4 dulunya. Namun, kala itu teknologi ini belum sebooming seperti saat ini. Apple pun kemudian mulai meningkatkan kualitas Retina Display pada New iPad Mini yang saat itu mulai diminati pasar. 

Setelah berhasil sukses dengan perangkat tersebut, Apple pun mencoba mengeluarkan perangkat lain yang juga memakai teknologi yang sama. Seperti pada Macbook Air, beberapa seri iPad, iPod dan iPhone hingga saat ini. 

3. Kerapatan Layar Macbook yang Dimiliki Lebih dari 163 Ppi

Perangkat Apple yang telah menggunakan teknologi Retina Display diketahui mempunyai kerapatan layar lebih dari 163 ppi. Seperti pada layar Macbook Air yang kini digandrungi masyarakat karena bagusnya tampilan visual berkat teknologi yang diaplikasikannya. Tidak hanya Macbook Air, beberapa perangkat keluaran Apple seri lain juga telah mendukung teknologi Retina Display ini.
Nah, muncul pertanyaan apakah produk lain juga dapat menyamakan teknologi ini ketika kepadatan layarnya sama?

Pertanyaan tersebut sudah terjawab dengan pernyataan Apple yang mengatakan bahwa teknologi yang diusungnya tidak akan sama dengan produk lain. Sebab, untuk dapat memiliki tampilan layar yang sesuai retina mata manusia pada perangkatnya, Apple telah menciptakan teknologi khusus. Karena tidak hanya faktor kerapatan layar saja yang membuat tampilan visual semakin bagus. Masih ada beberapa faktor pendukung yang menentukan kualitas tampilan seperti rasio kontras hitam lebih gelap dengan kontras putih lebih terang. Selain itu, pelapis cahaya dan teknologi IPS sudah mensupport teknologi Retina Display. 

4. Membuat Mata Pengguna Tidak Cepat Lelah dan Tetap Nyaman

Inilah keunggulan utama dari perangkat Macbook berteknologi Retina Display yang sedang disorot publik saat awal kemunculannya. Kemampuannya untuk membuat mata pengguna tidak mudah lelah dan tetap merasa nyaman walau sudah lama di depan layar. Jadi, tidak hanya sekedar tampilan nyata, tajam dan natural saja yang diunggulkannya. 

Demi kenyamanan mata pengguna, Apple telah merancang teknologi Retina Display yang saat ini diterapkan pada beberapa perangkatnya. Salah satunya adalah Macbook Air Retina Display yang dapat mengurangi beban kerja mata saat menatap layar dalam waktu lama. 

5. Pernah Ada Vendor dari Tiongkok yang Menirunya

Melihat tingginya minat pasar terhadap teknologi Retina Display tentu membuat beberapa vendor tergerak untuk mengeluarkan produk yang sama. Teknologi ini memang pernah ditiru oleh vendor non Apple yang berasal dari Tiongkok. Memang teknologi Retina Display bisa dikembangkan vendor mana saja, walau performa dan kualitasnya tidak akan sama dengan perangkat Apple. 

Itulah beberapa penjelasan teknologi Retina Display Macbook Air dan beberapa fakta menarik yang bisa menambah pengetahuan Anda. Untuk dapat menikmati teknologi tersebut, Anda perlu menyiapkan sejumlah uang yang banyak karena perangkat ini masih terbilang mahal sampai sekarang.