Mengenal Deep Web dan Beberapa Faktanya

Deep Web

Mungkin dari Anda pernah mendengar dan melihat istilah Deep Web, karena banyak diulas dan dibahas oleh beberapa orang. Tetapi untuk pengertiannya secara lebih mendalam tentunya masih bertanya-tanya dan belum memahaminya secara menyeluruh. Karena mengakses Deep Web sendiri butuh waktu dan tidak sembarangan. 

Biasanya untuk beberapa orang yang mahir dalam IT sudah tidak asing dan dapat dengan mudah untuk mengaksesnya. Pada pembahasan kali ini, kami mencoba memberikan gambaran lengkap mengenai Deep Web itu sendiri, baik dari pengertian dan beberapa faktanya. Berikut ini penjelasan secara lengkapnya, simak ulasannya. 

Apa Itu Deep Web?

Apa itu Deep Web

Biasa dikenal dengan sebutan Darknet, Deepnet, Undernet dan sebagainya merupakan bagian dari www atau world wide web yang termasuk kategori website atau internet yang dapat digunakan dan dicari secara mudah untuk orang tertentu. Karena Deep Web sendiri sering diakses dan digunakan untuk beberapa orang yang sudah familiar dengan IT. 

Dalam pengertian secara sederhana, Deep Web sendiri adalah bagian dari internet yang tidak bisa terlacak atau terindeks oleh mesin pencarian pada umumnya. Karena Deep Web mempunyai domain khusus yang menggunakan domain.onion. Dengan begitu tidak banyak orang bisa mengakses dan menelusurinya secara mudah. 

Deep Web sendiri menyimpan banyak berbagai informasi yang tidak ditemukan pada pencarian yang ada, biasanya berisi beberapa konten khusus dan bukan konsumsi publik. Penggunaan Deep Web sendiri diperuntukkan untuk kegiatan tersebut, sehingga informasi-informasi sensitif tidak bisa didapatkan dengan mudah. 

Untuk beberapa pandangan, mengakses Deep Web sendiri termasuk tindakan terlarang atau ilegal. Sehingga dapat dijatuhi hukuman untuk beberapa orang yang mencoba mengakses dan menelusurinya. Namun beberapa kalangan berpendapat kalau Deep Web sendiri boleh digunakan asal dengan ketentuan khusus. Biasanya para wartawan mencari berita, Pengunjuk rasa, dan beberapa masyarakat yang merasa tertindas. 

Fakta – Fakta Deep Web 

1. Berisi Informasi Khusus

Ketika Anda mempunyai keahlian mengakses dan menelusuri Deep Web, maka Anda akan menemukan beberapa informasi khusus. Ada banyak informasi yang ada yang tentunya bersifat sensitif dan tidak untuk dikonsumsi publik. Dengan begitu Deep Web diperuntukkan untuk berbagai kegiatan yang tidak bisa diakses sembarangan. 

Apabila Anda tidak mempunyai keahlian khusus dan mengenal Deep Web, lebih baik untuk mengurungkan niat atas dasar penasaran. Karena bisa jadi informasi yang Anda bukan malah membahayakan informasi data yang sewaktu-waktu bisa merugikan. Sebab informasi yang ada didalamnya berupa informasi perusahaan, web dilindungi dan sebagainya. 

Dengan begitu jangan mencoba-coba untuk membukanya tanpa ada pengetahuan yang mumpuni, karena akan berdampak buruk untuk Anda kedepannya. Karena informasi di dalamnya benar-benar rahasia, penting, dan sangat sensitif. 

2. Rentan Mengalami Cyber Crime 

Apabila Anda tidak mempunyai keahlian yang cukup dalam mengakses Deep Web, rasanya lebih baik untuk tidak melakukannya. Karena dalam Deep Web lebih rentan untuk mengalami cyber crime, sebab ada banyak orang yang ahli dibidangnya berkeliaran disana. Ditambah dengan tidak adanya keamanan yang terindeks mesin pencarian. 

Cyber crime sangat berbahaya, karena bisa mengambil data diri Anda secara cepat dan itu akan sangat merugikan nantinya. Oleh karena itu, jika Anda membutuhkannya untuk tujuan yang positif dan bermanfaat Deep Web dapat menjadi pilihan. Tetapi jika hanya rasa penasaran dengan pengetahuan yang minim, lebih baik untuk tidak melakukannya. 

Jika tetap ingin membuka dan menelusurinya, pastikan Anda sudah mempelajarinya secara menyeluruh. Pastikan menggunakannya untuk kebutuhan yang baik dan jangan sampai membahayakan dan merugikan diri Anda sendiri serta orang lain. 

3. Kelompok Anonimitas

Biasanya Deep Web sering diisi oleh beberapa kelompok anonimitas atau tidak diketahui identitasnya. Kelompok ini memiliki tujuan dengan berbagai kebutuhan yang dimilikinya, sehingga memanfaatkan dan menggunakan Deep Web itu sendiri. Dengan begitu, tetap saja Deep Web masih memiliki resiko yang tinggi. 

Tentunya beberapa kelompok ini sudah mempunyai kemampuan dan memahami Deep Web secara lebih menyeluruh. Dengan begitu membuat semuanya dapat dilakukan secara lebih mudah dan cepat tanpa mengalami kendala yang berarti. Oleh karena itu, jika Anda tidak memahaminya hindari resiko tersebut. 

4. Kapasitas Server 

Ketika Anda mengulas dan memahami Deep Web itu sendiri, memperlihatkan bahwa kapasitas akan server memiliki cakupan yang luas dengan kapasitas yang besar. Bahkan untuk beberapa akses internet sekarang ini hanya 5 persen saja yang digunakan. Dengan begitu adanya google, facebook, Microsoft dan sebagainya yang membentuk Deep Web itu sendiri. 

Oleh karena itu, tidak heran Deep Web banyak digemari dan digunakan oleh beberapa orang dengan berbagai tujuannya. 

Nah itulah beberapa ulasan mengenai Deep Web dan beberapa faktanya, pastikan Anda tidak mengakses sembarangan tanpa ada pengetahuan di dalamnya. Jangan sampai membahayakan diri sendiri dan orang lain.