Melihat Pembaharuan dan Spesifikasi iPhone 12 Terbaru

iPhone 12 Pro

Saat ini penggunaan gadget sudah beredar luas dan membengkak di seluruh lapisan masyarakat. Karena sudah menjadi hal yang lumrah jika saat ini gadget merupakan sebuah kebutuhan di semua kalangan masyarakat. Kebutuhan tersebut juga disambut baik oleh produsen handphone ternama, yaitu Apple. Kalian tentunya sudah tidak asing lagi dengan merk handphone ternama ini bukan? 

Apple selalu mengeluarkan inovasi terbaru untuk para peminatnya. Mulai dari handphone, laptop, pc, airpods dan masih banyak lagi. Dan pada akhir tahun 2020 lalu Apple mengeluarkan seri terbarunya yaitu iPhone 12. Hp ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 13 Juta hingga Rp 15 Juta dan tentunya dengan banyak tambahan fitur baru yang ada di dalamnya. Apa saja pembaharuannya? Mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini. 

Berikut Pembaharuan dari iPhone 12 

1. Kapasitas 

iPhone 12 ini memiliki 3 kapasitas, yakni 64 GB, 128 GB, dan 256 GB. Kamu bisa memilih salah satunya yang sesuai dengan kebutuhanmu. 

2. Warna 

Pada series terbaru kali ini Apple telah menggabungkan desain dari smartphone lama mereka yaitu iPhone 4 dengan desain yang baru. Ada 4 pilihan warna, yaitu Silver, Graphite, Pacific Blue dan Gold. Untuk saat ini warna yang paling banyak dicari adalah Pacific Blue, karena merupakan keluaran warna terbaru yang diproduksi oleh Apple.

3. Layar

Pembaharuan selanjutnya yaitu terletak pada layarnya karena iPhone 12 saat ini  memiliki lebar layar 6,1 inci (diagonal) dan menggunakan layar Super Retina XDR OLED, 1170 p dengan keeratan 460 ppi. Layarnya juga didukung dengan standar Dolby Vision, HDR10 dan 1200 hits untuk kecerahannya yang tentunya akan membuat kamu merasa puas saat menggunakannya. 

Selain itu, pada kaca depan iPhone 12 ini dilengkapi dengan pelindung ekstra, yakni lapisan keramik sehingga tahan akan goresan dan tidak akan pecah saat hp ini terjatuh. iPhone 12 ini juga memiliki sisi flat pada bagian samping, yang dibuat mirip seperti iPhone 4 jadi tidak lagi berbentuk melingkar. Karena pada bagian sisi dibuat flat, bukan berarti handphone ini memiliki sudut yang tajam. 

Hal tersebut tentunya sudah menjadi bahan perhatian oleh perusahaan jadi kamu tidak perlu khawatir lagi oleh sudut yang tajam, sehingga tetap nyaman ketika di genggam. Tidak hanya itu saja, ternyata iPhone 12 ini dilengkapi dengan lapisan Gorilla Glass pada bagian kaca depan dan belakang. 

Pada bagian bezelnya juga dibuat sangat tipis dan juga dibuat seimbang ketebalannya. Hal tersebut tentunya membuat dimensi menjadi sama, walaupun sebenarnya layarnya yang lebih luas. Notch yang sama itu dibuat untuk menaruh sensor-sensor guna keperluan fitur dari Face ID. 

4. Kamera 

Di fitur kamera iPhone 12 terdapat sensor tambahan berupa LiDAR Scanner yang merupakan akronim dari Light Detection and Ranging. Sensor ini terdapat pada bagian sudut bawah kanan di bingkai kamera. Nah, tentu sekarang kamu bertanya-tanya dengan setup tiga sensor pada kamera 12MP nya bukan?

Untuk besaran resolusinya memang tetap sama, yang membedakan yaitu peningkatan hardware di sensor utamanya. Yakni di bagian diafragma yang dibuat lebih besar di f/1.6, sehingga Apple mengklaim bahwa kamera pada iPhone 12 ini dapat menangkap cahaya 27% lebih banyak. 

Selain itu, ada juga lensa 7 lapis yang ditingkatkan dan terdapat pula teknologi stabilisasi optik (OIS). Namun, untuk spesifikasi dua sensor lainnya masih sama, yaitu ultra-wide 12 MP f/2.4 setra telephoto 2x optical zoom f/2.0 dengan OIS. 

Pembaharuan lain adalah kemampuan pada saat pengambilan foto dengan mode malam yang bisa diaktifkan ketika menggunakan sensor ultra-wide dan di sensor kamera depan. Kamu juga bisa memanfaatkan LiDAR Scanner sebagai mode potret malam hari. Hal tersebut merupakan depth sensor dengan versi yang super canggih dari Apple, yang berguna untuk mendeteksi semua objek yang ada dengan akurat, walaupun dalam keadaan yang minim cahaya. 

5. Fitur 

Untuk fitur iPhone 12 menggunakan iOS 14, artinya masih sama seperti generasi sebelumnya. Pada tampilan menu nya saat ini, bisa di kustomisasi dengan widgets. Panggilan FaceTime Video nya juga sudah didukung dengan fitur picture-in-picture (PiP), jadi kamu tetap bisa melakukan panggilan video call serta mengakses aplikasi lainnya. 

Peningkatan lainnya ada pada fitur keamanan, karena pengguna dapat memilih browser dan email default ke aplikasi selain Apple. Nah, ada fitur terbaru yang tidak kalah menarik, yaitu MagSafe yang merupakan sistem untuk mendukung pengisian daya cepat hingga 20 watt. Sehingga pengguna hanya memerlukan waktu 30 menit untuk mengisi daya. 

Demikianlah beberapa spesifikasi dari iPhone 12. Semoga informasi di atas dapat membantu bagi kamu yang sedang mencari iPhone 12.