cara share password wifi

Cara Mudah Berbagi Password Wi-Fi

technicheblog – Ketika seorang teman meminta kata sandi Wi-Fi Anda, berapa lama penjelasan Anda? Mengatakan “Oh, itu berantakan huruf dan angka yang ditempelkan ke router di belakang kulkas di unit sewa di lantai atas” tidak membuat segalanya mudah bagi mereka. Ada cara yang lebih baik untuk membagikan Wi-Fi Anda.

Pertama: buat jaringan “guest”

Idealnya, Anda tidak ingin memberi orang akses ke jaringan Wi-Fi utama Anda. Ini akan memberikan laptop atau telepon mereka akses ke semua perangkat di rumah Anda, yang berarti mereka — atau malware apa pun yang terinstal di sistem mereka — dapat membahayakan data sensitif pada perangkat pribadi Anda. Sebagai gantinya, Anda harus membuat jaringan tamu terpisah yang akan memungkinkan mereka untuk mengakses internet tetapi memisahkannya dari perangkat lain di rumah Anda.

Sebagian besar router memiliki kemampuan ini. Masuk ke halaman administrator router Anda dengan mengetik 192.168.1.1 (atau yang serupa) di bilah alamat Anda. Jika Anda tidak yakin dengan angka yang benar, periksa stiker di bagian bawah router Anda, atau buka manual penggunanya. Cari opsi di pengaturan yang disebut “Jaringan Tamu,” dan atur dengan kata sandi WPA2 jika Anda bisa.

Beberapa router hanya membolehkan jaringan tamu terbuka, yang saya sarankan menentang, karena mereka memungkinkan penyamun baik-untuk-apa-apa untuk mengintip lalu lintas tamu Anda. Anda juga harus memastikan Anda memblokir akses tamu ke perangkat jaringan lokal dan mencegah mereka mengakses pengaturan router Anda, jika ada opsi tersebut.

Baca Juga :Volvo Group Kini Tengah Merancang Kendaraan Militer yang Mampu Berjalan Menyamping Seperti Kepiting

Saya sarankan memberi jaringan tamu Anda nama yang mudah diingat dan setidaknya kata sandi yang agak mudah diingat. Perhatikan bahwa kata sandi yang lebih sederhana secara inheren kurang aman, tetapi untuk kasus penggunaan khusus ini, saya berpendapat metode “empat kata acak” yang populer cukup aman, Anda dapat menggunakan penghasil kata sandi seperti Staple Baterai Kuda yang Tepat untuk membuatnya untuk Anda.

Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah mengingat kata sandi, dan nenek Anda tidak akan kesulitan mengetiknya saat dia berkunjung.

Itu hanya puncak gunung es, dan dalam banyak kasus, Anda dapat menghindari tamu Anda mengetik kata sandi sama sekali.

Untuk ponsel Android dan iPhone: buat kode QR

Alih-alih menonton teman Anda berburu dan mematuk keyboard ponsel mereka, Anda dapat membiarkan mereka memindai kode QR, yang akan langsung menghubungkan ponsel mereka ke jaringan Anda. Ada banyak alat di luar sana yang akan membuat salah satu kode ini, tapi saya suka QiFi.org.

Ini sangat mudah: cukup ketik nama jaringan Anda, pilih jenis enkripsi (periksa halaman administrasi router Anda jika Anda tidak yakin), lalu ketikkan kata sandi jaringan Anda di kotak “Kunci”. Klik tombol Hasilkan, lalu pilih Cetak atau Ekspor untuk salinan yang dapat Anda tempel di mana saja. QiFi melakukan tugas berat secara offline juga, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang memberikan situs web Anda informasi Wi-Fi secara acak.

Versi Android berikutnya, yang saat ini diberi kode “Q,” akan memiliki fungsi ini terpasang. Cukup buka Pengaturan> Jaringan & Internet> Wi-Fi, ketuk jaringan Anda saat ini, dan pilih Bagikan untuk menghasilkan kode QR. Android Q masih dalam versi beta, tetapi akan mulai diluncurkan ke ponsel akhir tahun ini.

Setelah Anda memiliki kode, setiap iPhone atau iPad yang menjalankan iOS 11 atau yang lebih baru harus dapat memindai dengan aplikasi kamera biasa, yang memungkinkan mereka untuk langsung bergabung dengan jaringan.

Beberapa ponsel Android memiliki pemindai barcode yang terpasang pada kamera mereka, tetapi jika teman Anda tidak memilikinya, mereka dapat mengambil aplikasi Pemindai Kode Batang dari Play Store, yang telah menjadi perangkat lunak yang dapat digunakan untuk hal-hal semacam ini.

Untuk iPhone dan Mac: gunakan berbagi Wi-Fi bawaan Apple

Jika seseorang di rumah Anda memiliki iPhone, iPad, atau Mac yang terhubung ke jaringan, Anda mungkin dapat bekerja lebih sedikit lagi. Jika teman Anda menggunakan perangkat Apple, ada di kontak Anda, dan Bluetooth telah dinyalakan, beri tahu mereka untuk mengetuk jaringan, itu akan meminta Anda memberi mereka akses dari telepon Anda.

Anda harus agak dekat dengan perangkat mereka, dan menurut pengalaman saya prosesnya bisa sedikit rumit, tetapi itu sesuatu yang perlu dipertimbangkan. Jika prompt tidak muncul, Anda dapat mengarahkannya ke kode QR.

Dan tentu saja, masing-masing tips ini memerlukan sedikit lompatan-lompatan, tetapi itu jauh lebih mudah daripada mencoba mendikte kata sandi seperti “dD ^ # i16HJ9vD” kepada seseorang ketika mereka meraba-raba dengan bidang kata sandi.