Bangkitnya Industri Mobil Listrik Tesla dan Perkembangan di Indonesia

technicheblog.com – Kemajuan teknologi dan pesatnya pertumbuhan bidang industri memberikan berbagai dampak pada lini kehidupan. Hal ini berdampak pada perkembangan industri otomotif mobil. Dewasa ini kemajuan mobil mulai berganti dari bahan bakar fosil mulai tergantikan oleh hadirnya mobil listrik yang mulai dipopulerkan kembali oleh produsen mobil listrik tesla. 

Anda mungkin sudah mengetahui brand Tesla yang telah membuat mata dunia tertuju padanya. Dibalik kemudinya ditemukan berbagai kemajuan teknologi yang membuat industri otomotif akan berputar haluan dengan hadirnya mobil listrik buatan Tesla. Dengan melihat kembali boomingnya mobil listrik, tidak ada salahnya membahas sejarahnya secara lengkap.

Melihat Perkembangan Mobil Listrik Tesla

Sejarah Awal Mobil Listrik

Penemuan mobil listrik bukanlah hal baru dalam perkembangan industri otomotif. Sejarah mencatat bahwa kemunculan mobil listrik telah ada sejak abad ke 18 yang mulai dikerjakan oleh banyak ilmuwan dengan berbagai inovasi yang berasal dari Amerika, Belanda, dan Hungaria.

sejarah awal mobil listrik

Untuk Anda yang baru mengenal mobil listrik sekarang ini, sejarah membuktikan bahwa Karl Benz tahun 1885 telah membuat dan mengusung teknologi mobil listrik.  Penemu mobil dengan konsep listrik ditemukan oleh Robert Anderson tahun 1832 asal Inggris merupakan orang yang berjasa dan pertama dalam mengusung konsep mobil listrik di dunia. 

Perjalanan lainnya William Morrison abad ke 18 membuat temuan baru dengan konsep 6 penumpang dan mampu berjalan dengan kecepatan 22 km/jam. Melihat itu beberapa tahun berikutnya tipe mobil listrik bermunculan di New York dan 60 unit digunakan sebagai taksi. 

Pada abad ke 19 masa kejayaan mobil listrik dan dijadikan alternatif transportasi untuk membantu mobilisasi masyarakat era tersebut walaupun kebanyakan masih menggunakan kuda sebagai alat transportasi, tetapi trend mobil listrik banyak dikenal oleh masyarakat pada saat itu. 

Memasuki perkembangan dan tumbuhnya perekonomian Amerika, Henry Ford membuat masyarakat beralih ke kendaraan motor atau mobil yang menjadi munculnya mobil bahan bakar fosil hingga sekarang. Tahun 1898 teknologi Hybrid ditemukan oleh Ferdinand Porsche yang menjadikan listrik dan bensin sebagai sumber utama penggerak mesin mobil.

Baca Juga : Apa Itu Kalung Anti Virus Corona? Berikut Penjelasannya

Muncul Tenggelamnya Mobil Listrik

Bukti sejarah memberikan bahwa teknologi bahan bakar bensin atau fosil memberikan kedudukan paling tinggi dalam mengalahkan eksistensi perkembangan mobil listrik. Hal ini dapat Anda lihat dalam perkembangannya dan perbandingan harga menjadi penghambat susahnya mobil listrik untuk bersaing pada era tersebut. 

Thomas Alfa Edison memprediksi bahwa mobil listrik sebagai kendaraan masa depan. Berdasarkan prediksi tersebut tahun 1898 beliau membuat baterai yang mampu bertahan lama yang dapat digunakan pada mobil konvensional. Memasuki tahun 1914 Thomas Alfa Edison bersama Henry Ford bekerjasama menghadirkan mobil listrik murah dengan nama Model T, tetapi Model T tersebut masih menggunakan bahan bakar bensin sebagai bahan utamanya.

mobil listrik sedang dicharge

Perkembangan teknologi mobil listrik harus terhenti ketika tahun 1935 ditemukan minyak mentah di Texas akibat dari pesatnya pembangunan jalan antar negara bagian di Amerika. Hampir selama 4 dekade perkembangan mobil listrik mulai kembali bernapas.

General Motors membangkitkan semangat mobil listrik dalam bentuk prototipe untuk pameran dalam acara Simposium Lingkungan. Tidak mau ketinggalan American Motor Company membuat jip listrik untuk transportasi kantor pos pada tahun 1975. Transportasi mobil listrik juga dimanfaatkan oleh NASA dalam ekspedisinya menuju bulan tahun 1971. 

Cahaya Terang untuk Mobil Listrik dan Lahirnya Tesla

Dimulai pada tahun 1988, Perusahaan General Motors dipimpin Roger Smith bekerjasama dengan AeroVironment California berhasil membuat mobil listrik bernama EV1. Untuk proses produksinya akan dimulai pada tahun 1996 sampai 1999. Tidak ketinggalan dari Benua Asia, produsen asal jepang yaitu Toyota memproduksi mobil tipe hybrid untuk kendaraan listriknya.

mobil listrik tesla

Toyota Prius berhasil diproduksi 18 ribu unit kendaraan hingga sekarang dan masih digunakan sebagai taksi oleh beberapa negara di dunia sekarang ini.  Tahun 2003 General Motors menghentikan produksinya untuk mobil EV1. Tidak lama kemudian Tesla dibawah kepemimpinan Elon Musk berhasil membuat mobil listrik Tesla bernama Tesla Roadster. Hadirnya mobil listrik dengan nuansa sporty tersebut membuat Tesla banyak dapat dukungan dan terus mengembangkan eksistensinya sampai sekarang. Mobil listrik diharapkan dapat mengubah ketergantungan pada bahan bakar fosil yang semakin menipis dan lebih ramah lingkungan. 

Terdapat banyak dukungan dari beberapa negara dan berbagai regulasi diberikan membuat produksi mobil listrik memiliki cahaya terang untuk perkembangannya, karena majunya teknologi dan dukungan pemerintah.

Perkembangan Mobil Listrik di Indonesia

Sudah dimulai sejak pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), proses mobil listrik mulai diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia. Dahlan Iskan sebagai Menteri BUMN menjadi pelopor untuk membangkitkan otomotif mobil listrik di Indonesia dengan bantuan Ricky Elson. Hadirnya anak muda tersebut diharapkan dapat membantu dan mengembangkan mobil listrik buatan Indonesia. 

Pada tahun 2013 hasil kerja kerasnya memberikan hasil dan mobil listrik bernama Selo berhasil dipamerkan pada KTT APEC di Bali, selain itu ada juga mobil Tucuxi. Ricky Elson dianggap sebagai pelopor mobil listrik nasional. Namun, prosesnya terhenti terhambat berbagai regulasi dan merugikan negara, sehingga produksinya tidak dilanjutkan. 

Pada pemerintahan Jokowi sekarang, industri mobil listrik mulai kembali dibangkitkan dan perkembangan Tesla di Indonesia mulai dilirik public figure dan pecinta otomotif untuk menggunakannya.

Sekarang ini, di kota-kota besar telah tersedia beberapa fasilitas pendukung untuk perkembangan mobil listrik dan pasar untuk Indonesia masih terbuka lebar. 

Nah, begitulah pembahasan mengenai kemunculan mobil listrik Tesla dan mulai dilirik oleh masyarakat luas. Hadirnya mobil listrik sebagai angin baru dalam kemajuan industri otomotif dunia dan Indonesia.