Bagaimana Teknologi Mengubah Pendidikan hari ini?

Bagaimana Teknologi Mengubah Pendidikan?

Teknologi telah memengaruhi hampir setiap aspek kehidupan saat ini, dan pendidikan tidak terkecuali. Atau itu? Dalam beberapa hal, pendidikan tampaknya sama dengan yang telah terjadi selama bertahun-tahun. Ilustrasi abad ke-14 oleh Laurentius de Voltolina menggambarkan ceramah universitas di Italia abad pertengahan. Adegan ini mudah dikenali karena paralel dengan zaman modern. Guru memberi ceramah dari podium di depan ruangan sementara siswa duduk berbaris dan mendengarkan. Beberapa siswa memiliki buku yang terbuka di depan mereka dan tampaknya mengikuti. Beberapa terlihat bosan. Beberapa berbicara dengan tetangga mereka. Seseorang tampaknya sedang tidur. Kelas hari ini tidak terlihat jauh berbeda, meskipun Anda mungkin menemukan siswa modern melihat laptop, tablet, atau ponsel pintar mereka alih-alih buku (meskipun mungkin terbuka untuk Facebook). Orang yang sinis akan mengatakan bahwa teknologi tidak melakukan apa pun untuk mengubah pendidikan.

Bagaimana Teknologi Mengubah Pendidikan?

Namun, dalam banyak hal, teknologi telah sangat mengubah pendidikan. Pertama, teknologi telah memperluas akses ke pendidikan. Pada abad pertengahan, buku-buku jarang ditemukan dan hanya segelintir elit yang memiliki akses ke peluang pendidikan. Individu harus melakukan perjalanan ke pusat-pusat pembelajaran untuk mendapatkan pendidikan. Saat ini, sejumlah besar informasi (buku, audio, gambar, video) tersedia di ujung jari seseorang melalui Internet, dan peluang untuk pembelajaran formal tersedia online di seluruh dunia melalui Khan Academy, MOOCs, podcast, program gelar online tradisional, dan banyak lagi. Akses ke peluang pembelajaran hari ini dalam lingkup belum pernah terjadi sebelumnya berkat teknologi.

Baca Juga : Teknologi dan Cara Belajar

Peluang untuk komunikasi dan kolaborasi juga telah diperluas oleh teknologi. Secara tradisional, ruang kelas relatif terisolasi, dan kolaborasi terbatas pada siswa lain di ruang kelas atau gedung yang sama. Saat ini, teknologi memungkinkan bentuk komunikasi dan kolaborasi yang tidak terbayangkan di masa lalu. Siswa di ruang kelas di pedesaan AS, misalnya, dapat belajar tentang Arktik dengan mengikuti ekspedisi tim ilmuwan di wilayah tersebut, membaca posting blog ilmuwan, melihat foto, pertanyaan email kepada para ilmuwan, dan bahkan berbicara hidup bersama para ilmuwan melalui konferensi video. Siswa dapat membagikan apa yang mereka pelajari dengan siswa di ruang kelas lain di negara bagian lain yang melacak ekspedisi yang sama. Siswa dapat berkolaborasi dalam proyek grup menggunakan alat berbasis teknologi seperti wiki dan Google docs. Dinding ruang kelas tidak lagi menjadi penghalang karena teknologi memungkinkan cara baru untuk belajar, berkomunikasi, dan bekerja secara kolaboratif.

Bagaimana Teknologi Mengubah Pendidikan hari ini?

 

Teknologi juga mulai mengubah peran guru dan peserta didik. Di kelas tradisional, seperti apa yang kita lihat digambarkan dalam ilustrasi de Voltolina, guru adalah sumber utama informasi, dan siswa secara pasif menerimanya. Model guru ini sebagai “orang bijak di atas panggung” telah lama berkecimpung di dunia pendidikan, dan ini masih sangat terbukti sampai sekarang. Namun, karena akses ke informasi dan peluang pendidikan yang dimungkinkan oleh teknologi, di banyak ruang kelas hari ini kita melihat peran guru bergeser ke “panduan di samping” ketika siswa mengambil lebih banyak tanggung jawab untuk pembelajaran mereka sendiri menggunakan teknologi untuk mengumpulkan informasi yang relevan. Sekolah dan universitas di seluruh negeri mulai mendesain ulang ruang belajar untuk memungkinkan model pendidikan baru ini, menumbuhkan lebih banyak interaksi dan kerja kelompok kecil, dan menggunakan teknologi sebagai enabler.

 

Teknologi adalah alat yang ampuh yang dapat mendukung dan mengubah pendidikan dalam banyak hal, mulai dari membuatnya lebih mudah bagi guru untuk membuat materi pengajaran hingga memungkinkan cara-cara baru bagi orang untuk belajar dan bekerja bersama. Dengan jangkauan Internet di seluruh dunia dan di mana-mana perangkat cerdas yang dapat terhubung dengannya, zaman baru kapan saja di mana pun pendidikan dimulai. Terserah desainer instruksional dan teknologi pendidikan untuk memanfaatkan peluang yang disediakan oleh teknologi untuk mengubah pendidikan sehingga pendidikan yang efektif dan efisien tersedia untuk semua orang di mana pun.

 

Anda dapat membantu membentuk pengaruh teknologi dalam pendidikan dengan Magister Sains Online dalam Pendidikan dalam Desain dan Teknologi Pembelajaran dari Purdue University Online. Program terakreditasi ini menawarkan studi dalam teknologi baru yang menarik yang membentuk pendidikan dan menawarkan siswa kesempatan untuk mengambil bagian dalam inovasi masa depan.